Thanks kamu yang ke

Senin, 26 September 2011

Peringatan Bahaya Merokok Sangat Mengerikan

0

Rokok. Siapa sih yang nggak kenal rokok? Yup, rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.

Mungkin telah banyak artikel serupa yang membahas hal serupa. Cuma mau saling mengingatkan aja, nggak ada salahnya kan, hhe.

Telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat berbahaya karena menyebabkan ketergantungan, disamping menyebabkan banyak tipe kanker, penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, dan emfisema.

Kecanduan merokok memang sangat sulit dihilangkan. Dan berbagai cara dilakukan oleh pemerintah berbagai negara untuk memperingatkan warganya akan bahaya merokok dan segala akibatnya. Seperti yang dilakukan pemerintah federal di Amerika, meluncurkan peraturan baru tentang peringatan kesehatan bergambar yang lebih berani dan menakutkan pada iklan dan bungkus rokok.

Grafis-grafis “menyeramkan” itu diharapkan bisa membuat para pecandu nikotin menghentikan kebiasaannya merokok. Peringatan bergambar tersebut tampak lebih besar, lebih terbaca dan grafis yang menggambarkan konsekuensi bahaya kesehatan dari merokok. Masing-masing peringatan juga memiliki nomor telepon 1-800-QUIT-NOW agar perokok bisa melakukan panggilan untuk mendapatkan bantuan jika mereka ingin berhenti merokok.

Grafis itu merupakan bagian dari kampanye terbaru yang diumumkan Food and Drug Administration dan Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia untuk mengurangi jumlah perokok. Di negeri Paman Sam ini tiap tahunnya 443.000 orang meninggal karena rokok. “Dengan peringatan ini, setiap orang yang mengambil sebungkus rokok akan tahu persis risiko apa yang dia ambil,” Kathleen Sebelius, Sekretaris Pelayanan Kesehatan dan Masyarakat, seperti dilansir CNN, Rabu (22/6/2011).

Sebelius menyebutkan merokok dan penggunaan tembakau lainnya adalah penyebab kematian nomor satu yang dapat dicegah di Amerika. Ia mengklaim rokok telah menyebabkan kematian lebih dari 440.000 jiwa per tahun.









Contoh gambar tersebut adalah rokok yang dijual di Singapura. Walaupun pada bungkus diselipkan gambar-gambar yang sangat mengerikan akan bahaya dan akibat merokok, tetapi tampaknya masih saja ada yang mau membelinya. Apalagi kalau di Indonesia ya? Peringatannya hanya berupa tulisan kecil. Jadinya yaa, ngak takut tuh!

Ada niat ingin berhenti merokok setelah melihat ini? Hehehe :)
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...