Thanks kamu yang ke

Selasa, 27 September 2011

5 cm

0

Setelah sekian lama nggak bahas buku, sekarang Happy mau ulas sedikit salah satu koleksi Happy. Kebetulan tadi abis bongkar-bongkar rak, dan nemu buku ini. Buku yang membuat semangat saya seperti ter-charge full. Oh iyah ini spesifikasinya:


Judul : 5 cm
Penulis : Donny Dhirgantoro
Penerbit : Grasindo
Dimensi : 14 cm x 21 cm
Tebal : 381 + x

Cerita berawal ketika seorang gadis ingin menambah koleksi bukunya, dan kemudian memutuskan pergi ke toko buku terbesar di Yogyakarta. Dan saat dia melewati rak bagian novel, sempat berhenti dan tertarik pada satu buku yang covernya item polos nggak jelas dengan judul nggak jelas juga. Tapi karena ketidakjelasan itu, ditambah tulisan "bestseller" di covernya, cukup membuat si gadis mantap membeli buku itu, walau harus merogoh uang yang nggak sedikit. Dan akhirnya saya baca dan saya resensikan di sini hehehe.

"5 Cm" bercerita tentang lima sahabat: Arial, Zafran, Riani, Ian dan Genta. Mereka sudah 7 tahun saling kenal, dengan karakter tersendiri yang semuanya lucu-lucu. Singkat cerita, ke lima sahabat ini memutuskan untuk berpisah sementara karena mereka merasa sudah ada di ambang titik jenuh alias bosan satu sama lain. Mereka sepakat untuk jumpa kembali tiga bulan kemudian.

Alur cerita pun berurutan ke kisah masing-masing dari ke lima orang itu dalam kehidupan sehari-hari mereka. Tepat tiga bulan mereka akhirnya kembali bertemu dan bersama melakukan ekspedisi (dadakan) ke gunung Mahameru, sambil cerita-cerita masa-masa tiga bulan mereka. Cerita pun berlanjut pada suka duka perjalanan mereka berlima. Di kereta, di setiap jejak langkah menuju Mahameru, tergambar detil dan sempurna. Sebuah perjalanan yang digambarkan sebagai memberikan banyak pelajaran mengenai kehidupan pada diri ke limat sahabat itu. Terus, habis deh. Wkwk itu baru gambaran umum. Yang jelas, meskipun novel ini bukan novel gua-elu anak muda jaman sekarang, tapi ini novel te o pe be ge te dah, bahasanya enggak berat bin formal kok, tetep ringan dan santai.

Novel ini sangat menyentuh, menginspirasi, menampar-nampar sekaligus menegangkan. Deskripsi si penulis saat menggambarkan perjalanan ke lima sahabat itu menuju gunung Mahameru, begitu detail. Mulai dari stasiun senen hingga ke puncak gunung, setiap kota, yang dilalui dideskripsikan dengan sangat tepat. Bahkan pas nyeritan rute naik ke Mahameru, saya merasa benar-benar ada di situ, menggigil kedinginan di Ranu Kumbolo atau justru menggigil ketakutan di Arco Podo yang mistis.

Oya, mungkin teman-teman bertanya-tanya : apa hubungannya judul 5 Cm dengan semua cerita itu? Semua tergambar jelas saat saya membaca di halama 362 : "...Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan... sehabis itu yang kamu perlu... cuma..." Cuma apa? Baca sendiri dong hihihi :D


Intinya, 4 jempol deh buat novel ini! Wajar saja jika sampai memasuki cetakan ke lima belas (saat saya beli tanggal 13 September 2010. Mungkin saja sekarang lebih). Soalnya membawa perubahan begitu besar dan berarti pada hati, pikiran, pola pikir dan tindakan bagi siapa saja yang membacanya. Dijamin deh :)

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...