Thanks kamu yang ke

Senin, 07 Mei 2012

Enam Alasan Mengapa Kita Harus Shalat

26


Semangat pagii, semangat hari senin. Sudah shalat subuh pagi tadi? Hehehe. Setelah sekian abad tidak posting, akhirnya saya muncul lagi nih, hoho.

Kali ini saya ingin sedikit berbagi, mengapa sih kita harus sholat, kenapa sih kita harus shalat? Diantara kita semua yang muslim pasti tahu lah ya, sholat itu wajib. Tapi mengapa?

Jadi kemarin minggu ketika saya bangun tidur sekitar pukul setengah tujuh pagi - kebiasaan, habis shalat subuh merem lagi :D - saya langsung dapet sarapan rohani dari masjid sebelah rumah yang tiap ahad pagi rutin ada pengajian.


Dan ini nih sedikit yang saya dengar dari penceramah, mengapa kita harus shalat :
  • Shalat itu tiangnya agama
Maksudnya gimana nih? Jadi Allah itu mengibaratkan shalat itu layaknya tiangnya agama. Sekarang bayangin deh sebuah rumah. Pasti semua rumah punya tiang lah ya, biar rumah tetap berdiri tegak. Nah kalau tiangnya nggak ada? Ya rumahnya nggak bisa berdiri lah, roboh. Nah, kalau udah roboh apakah masih bisa disebut rumah? Enggak kan ya. Begitu juga dalam shalat. Anggap aja agama itu rumah, shalat itu tiang. Kalau shalatnya nggak ada, apa masih bisa disebut orang beragama? Jawabannya adalah tidak. Jadi kalau kita nggak shalat, sama Allah tuh kita dianggap bukan orang beragama. Na'udzubillah.
  • Shalat itu inti / kunci dari semua ibadah
Maksudnya? Teman-teman pasti tahu lah ya, kunci. Bisa buat membuka pintu atau apa pun itu lah. Sekarang teman-teman bayangin kunci, sama rumah. Misalnya kita punya rumah yang isinya macem-macem ada ini itu semua yang kita pengenin, tapi kita nggak punya kuncinya nih. Apa bisa, kita dapetin semua yang ada di dalam rumah itu? Ya jelas enggak lah ya. Nah, sama kayak shalat dan ibadah kita. Misal pun teman-teman itu ibadahnya bagus banget, puasa nggak pernah bolong, zakat selalu ingat, sedekah di mana-mana, haji sama umroh berkali-kali, tapi nggak pernah shalat nih. Apa kita bakal dapet pahala dari semua ibadah tadi? Jawabannya adalah tidak. Pahala yang kita dapet nggak sempurna. Karena kalau shalat kita buruk, sebaik apa pun ibadah kita yang lain, Allah tidak menganggapnya. Na'udzubillah.
  • Shalat itu pelebur dosa
Siapa sih orang yang nggak punya dosa? Nggak ada lah ya. Nah kalau kita sadar bahwa kita ini nggak luput dari dosa, yuk shalat. Kenapa? Karena shalat itu pelebur dosa. Dalam hadist digambarkan kayak gini nih. Seandainya di depan rumah kita itu ada sungai yang bening mengalir, dan kita mandi lima kali sehari di sungai itu, apa yang terjadi? Pastinya badan kita bersih banget kan yaa - nggak bisa bayangin, saya mandi lima kali sehari :D. Nah, begitu juga dengan kita. Kalau kita shalat lima kali sehari, shalat lima waktu, itu ibaratnya kita sedang menggugurkan dosa-dosa kita. Mau mau mauuu.
  • Shalat itu pertanda bahwa kita orang Islam
Maksudnya? Jadi begini. Setiap orang itu pastilah punya identitas. Begitu juga dengan agama. Nah, identitas orang Islam itu tak lain dan tak bukan adalah shalat. Maksudnya? Misalnya kita melihat orang lagi shalat, pasti yang ada di pikiran kita kan "Oh, dia orang Islam." Kok tau? "Lah itu dia shalat." Kayak gitu tuh. Jadi kalau kita nggak pernah shalat, apa dong identitas atau pertanda yang menunjukkan kalau kita orang Islam. Nggak mau kan yaa kalau ada yang bilang "Islam kok nggak pernah shalat." Duh.
  • Shalat itu kunci surga
Dalam hadist disebutkan, bahwa kunci surga itu shalat, dan kunci shalat itu bersuci. Jadi hampir kayak penjelasan di 'Shalat itu kunci dari semua ibadah', kalau kita nggak shalat berarti kita nggak bakal punya kunci buat membuka pintu surga. Terus? Dapetnya neraka doong! Nggak mau lah yaa.
  • Shalat itu menjauhkan kita dari ucapan jelek dan perbuatan buruk / jahat (dosa)
Mungkin kita sering kali mendengar, bahwa dengan shalat itu dapat mencegah perbuatan buruk dan munkar (dosa). Tapi kok saya terkadang masih berbuat dosa ya, walau saya shalat? Mungkin ada teman-teman yang bertanya-tanya seperti itu - termasuk saya. Kata pak ustad yang ceramah itu, kalau kita masih melakukan dosa, berarti shalat kita belum sempurna. Tiap dengar adzan kita langsung semangat shalat, kita tinggal jalani saja. Shalat sudah menjadi rutinitas, tanpa pernah mengajukan pertanyaan apa sih tujuan sholat kita? Untuk apa maksudnya sholat? Jadi alangkah baiknya kalau kita mencari tahu - belajar agama lagi, nggak cuma di sekolah :D - apa sih tujuan dan maksud shalat, sehingga ada relasinya shalat kita dan keseharian kita. Kalau yang shalat aja kadang masih berbuat dosa, apa masih mau nggak shalat? Mau menabung dosa gitu? Hehehe.

Nah, itu tadi enam alasan mengapa kita harus shalat. Sebenarnya bukan hanya enam, pasti masih banyak sekali hal-hal yang dapat menjelaskan mengapa kita harus shalat. Mungkin diantara teman-teman sudah banyak yang tahu tentang enam hal di atas, tapi sekedar berbagi dan mengingatkan tak ada salahnya bukan?

Semoga setelah membaca Enam Alasan Mengapa Kita Harus Shalat ini, dapat memperbaiki shalat kita yang mungkin masih bolong-bolong, enggak rutin atau tepat waktu, dan masih malas-malasan; semoga menambah motivasi kita dalam shalat. Semoga bermanfaat :)

26 komentar:

ini rizalar mengatakan... Reply Comment

Sip sip.... lagi sedih nih, karena saudara gak sholat.
Trus mau memotivasi, cari bahan dulu.

may mengatakan... Reply Comment

kalo solat tiang agama terus pondasinya apa? kalo boleh tau hadist apa g bilang solat ot kunci surga? kalo emang solat itu pelebur dosa, solat terus aja kali y...??

.tolong dijawab.

Kng Qtoeng mengatakan... Reply Comment

@May;
Pondasinya IMAN Om...!.

DOA DAN ZIKIR mengatakan... Reply Comment

Iya identitas orang islam itu shalat, rasulullah pernah bersabda yang membedakan seseorang islam apa kafir itu shalat
datang juga ke tempat saya DOA DAN ZIKIR, ada juga postingan yang berkaitan sama postingan ini http://muhar-online.blogspot.com/2014/01/keutamaan-dan-manfaat-shalat-fardhu.html, makasih :)

untuk @may,
pondasi agama islam itu iman, mengucapkan dua kalimah syahadat,

saya kurang tau apa ada hadis yang mengatakan shalat itu kunci syurga, tapi setidaknya bukankah rasulullah pernah bersabda kalau shalat merupakan amalan pertama yang akan ditimbang kelak, gimana bisa masuk surga kalau shalat aja belum bener,

saya ga tau apa ada hadis yang jelas mengatakan shalat adalah pelebur dosa, tapi bukankah rasulullah pernah bersabda bahwa perbuatan baik itu mengahapuskan dosa2 sebelumnya dan shalat termasuk perbuatan baik,

maaf kalo ada yang salah :))

Anonim mengatakan... Reply Comment

Sholat itu di peruntukan tuk orang2 yg membutuhkannya..mungkin anda termasuk orang2 yg gak butuh sholat

Ilham Maulana mengatakan... Reply Comment

Like it.. 👍

Anonim mengatakan... Reply Comment

Buat yg msh bingung, gini nih simpelnya :
Kalian udah dikasih kehidupan, mata, hidung, dll sama Allah. Kalian bayarnya pake solat. Sama kaya ngekos harus setoran ke ibu kos. Kalo ini setorannya ke Allah pake solat. Gratis? Gratis. Gampang? Gampang.

Anonim mengatakan... Reply Comment

Biar lebih afdol lagi... tolong dong dikasih ayat dalam Al Quran yang menyatakan ke enam alasan mengapa kita harus shalat...

Anonim mengatakan... Reply Comment

saya wanita, saya terkadang ingin tahu gimana hukumnya, kalau saya sholat, tapi kalau saya keluar rumah saya tidak berjilbab dan mengenakan pakaian terbuka.. bagaimana tuh? sholatnya di terima ngga? trus trus kalau saya sholat di hadapan orang tua atau ketahuan orang tua terkadang saya suka malu, padahal orang tua saya juga menyuruh saya sholat, tapi terkadang orang tua saya ngga sholat.. bagaimana caranya untuk menghilangkan rasa malu itu dan membuat orang tua saya rajin sholat juga? mohon bantuannya..

alfan wirandito mengatakan... Reply Comment

Pajang poster "siksaan bagi orang yg tdk sholat dialam kubur"dirumah anda.

Luki Ahmad mengatakan... Reply Comment

Masukkan komentar Anda...coocok

wendyunclear mengatakan... Reply Comment

Tapi mas, kenapa sih, Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Yang Maha Bijaksana, dan Yang Maha Sempurna, "masih" aja mewajibkan ciptaan-Nya untuk menyembah-Nya? Padahal Dia kan sudah segitu sempurna dan bijaksanya? Dan juga salat tsb menurut saya malah cenderung mengganggu segala aktivitas... Atau mungkin saya yang salah memahami?

Anonim mengatakan... Reply Comment

Hmm... justru karena Allah Maha Besar, dan Maha Kuasa, maka dari itu, sholat itu tidak akan berpengaruh terhadap kekuasaan dan kesempurnaan Allah, sholat itu ibarat sebuah sarana dalam agama islam dalam menyembah Tuhannya, yaitu Allah, dan letak pengaruhnya bukan pada kekuasaan Allah, melainkan untuk kita sendiri terutama pada wilayah batin.

Saya menyimpulkan kalau seharusnya kita sholat dan beribadah bukan hanya karna itu diwajibkan, tetapi juga kita seharusnya sadar kalau kitalah yang membutuhkan sholat dan beribadah itu sendiri, terutama untuk berkomunikasi dengan Tuhan, refleksi diri, melatih fokus sehingga bisa tenang ketika menghadapi kehisupan sehari hari. :)

Disini kita sama sama belajar, so please correct me if I'm wrong :)

mus tamin mengatakan... Reply Comment

Maksud dari shalat itu tiang agama adalah biar kalau kita mau melakukan perbuatan maksiat kita pikir" dulu..
Sedangkan org yg tdk shalat tdk ada tiang agama nya tdk timbang fikir lagi tuk melakukan perbuatan yg tdk baik karenanya dia tdk takut pada tuhanx..

Berbicara tentang pondasi...
Pertanyaanx apa kamu tau apa itu pondasi?
Knpa rumah kayu tdk mempunyai pondasi..
Saya mewakili pembuat blog ini kalau ada salah kata mohon di maafkan.tdk lain dan tdk salah niat hanyalah memberi motifasi pada si pembaca...

bayu nurani mengatakan... Reply Comment

Sholat bagus buat kesehatan bro. Bagus buat aliran darah ke otak.. Bagus buat kedamaian hati.. Shloat g ampe 1jam bro.. G ampe 10 menit bro.. Manfaatnya dunia akhirat.. Nah elo maen gadget Berjam jam.. G bnyak pertanyaan.. Tp sholat aja.. Yg dah jlas manfaatnya trlalu banyak d pertanyakan.. Sholat sholat aja bro inget Tuhan.. Bagi waktu sbntar buat sang pencipta.. G ada ruginya.. Cuma sebentar bro...

PICKUP BAND mengatakan... Reply Comment

1.Sholat itu super yoga,para ahli kesehatan mengatakan cuma dlam gerakan sholat oksigen masuk ke dlam otak, 2.sholat itu adalah doa makanya kalau sholat sedikit-dkit blajar arti bacaannya, 3. Sholat itu adalah kunci kesuksesan dunia akhirat dsb

sukar jo mengatakan... Reply Comment

Pondasi agama islam itu adalah mengucapkan dua kalimah sahadat dan menunaikan hak dua kalimah sahadat.
Kenapa kita malas sholat dan dgn cobaan atau ujian sedikit kita dgn mudah meninggalkan sholat? Karena kita tidak membangun pondasi yg kokoh.
Kenapa bangunan pondasi kita tidak kokoh? Karena kita hanya mengucapkan dua kalimah sahadat tanpa menunaikan hak nya.
Pertanyaan selanjutnya, apa hak dari dua kalimah sahadat?
Sebenarnya dua kalimah sahadat tidak cukup hanya d ucapkan saja mesti ada amalnya, kenapa demikan karena dua kalimah sahadat adalah rukun islam yang pertma, rukun islam adalah rukun amal. Sebagaimana rukun islam yg laennya seperti sholat, ada gerakannya ada bacaannya, puasa ada amalnya menahan diri dr haus dan lapar, zakat ada amalnya juga yaitu dgn memberi, haji dgn ke mekahnya.
Dgn demikian tidak mungkin rukun islam yg pertama yg berfungsi sebagai pondasi bagi rumah dan sebagai akar bagi pohon hanya sekedar d ucapkan saja.. itu pun hanya satu kali pas mau nikah.
Dosa inilah yg membuat iman kita lemah.
Jd teman teman printah Allah yg pertama bukan lah mencari ilmu atau sholat. Perintah Allah pertama setelah mengucapkan dua kalimah sahadat adalah menunaikan hak dua kalimah sahadat yaitu dsampaikan kpada yg belum mengenal Allah dan ajak beriman kpda Allah (non muslim) selanjutnya saling mengingatkan kpda sesama muslim tentang makna dua kalimah sahadat dan saling mengajak taat perintah Allah atau dgn kata lain AMAR MA'ruf NAHI MUNGKAR. sebagai mana nabi muhammad dan sahabat contohkan selama 11 tahun d madina, setelah pondasi ini kuat barulah turun perintah sholat dan lainnya.

Bayustikesmuda mengatakan... Reply Comment

Assalamualaikum, maaf sebelumnya saya cman mau bertanya kita shalat itu krna apa sih? Kita shalat apakah karana takut dosa, atau karna menjalankan kewajiban, atau mencari ridha Allah SWT. Terkadang saya bngung banyak orang yg rajin shalat tetapi perkataannya masih kotor dan sering menjelek2an orang lain. Banyak jga orang shalat tetapi hanya takut akan dosa dan neraka. Kalo di pikir2 lagi surga itu kan cman embel2/upah bagi siapa saja yang beramal baik, tapi prnahkah anda brfikir bahwa ada yg lebi nikmat dari surga.
Mohon jawabannya para suhu.
Wassalamualaikum wr.wb

mad koclak mengatakan... Reply Comment

Masih nyimak

bang kii mengatakan... Reply Comment

kalo kita solat lalu buat dosa,,gmana bg

bang kii mengatakan... Reply Comment

kalo kita solat lalu buat dosa,,gmana bg

said supiansuri mengatakan... Reply Comment

sholat itu wajib.
ya kalo kita mau buat dosa dh pasti ada balasan di dunia dan nnti di akhirat,,inti nya sholat itu wajib.no nego2

Cahyadi mengatakan... Reply Comment

Ikut komen kita sholat/tidak tidak akan merubah status Allah menjadi Sang penguasa tunggal di semua Alam. Allah minta hambanya sholat itu minta bukti bahwa kita taat padaNya. Masa kita sudah di kasih nikmat yang banyak tidak taat/tunduk/tidak bersyukur kepada yang ngasih nya. Kita di ciptakan ke dunia ini bukan utk main/asal hidup aja, tapi kita di ciptakan utuk ibadah pada Nya

GST Training mengatakan... Reply Comment

Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

mis mavis mengatakan... Reply Comment

karena dosa sdh mnjadi tabiat kita smnjak baligh maka Allah sediakan pula slh satu penghapus dosa itu yaitu shalat,.jd itu bkn sekedar ritual ibadah melainkan komunikasi sakral antara seorang hamba kpda Tuhan nya,karena ada begitu bnyk kata2 pujian kpda Allah,pengakuan dosa,n permohonan ampunan yg trdapat pd ayat2 suci yg kita ucapkan setiap kali shalat.

Ramang Tarpin mengatakan... Reply Comment

Banyak, orang yg terlalu pintar, sehingga meniadakan pentingnya shalat dan perjuangan rasullah yang kita tdk tau persis bagaimana susahnya, ia mengupadayakan, agar kita menjadi orang2 yg bertakwa, bukan pencari2 kelemahan agamanya sendiri,,

Posting Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...