Thanks kamu yang ke

Selasa, 11 Oktober 2011

Tips Mengobati Radang Tenggorokan

13

Teman-teman pasti pernah mengalami - atau mungkin sedang merasakan [seperti saya saat ini hihi] - yang namanya radang tenggorokan. Yup, rasanya tuh tenggorokan nggak nyaman, nyeri, maupun gatal pada tenggorokan. Dan hal itu mengakibatkan rasa nyeri saat menelan.

Ada beberapa penyebab radang tenggorokan, di antaranya adalah karena alergi terhadap debu, cuaca yang tidak menentu, polusi udara, iritasi, atau karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Namun penyebab radang tenggorokan yang terbesar adalah virus, yakni sekitar 70%. Misalnya virus saluran napas, seperti rinovirus, koronavirus, virus influenza, parainfluenza, dan adenovirus. Virus herpes simpleks tipe 1 dan 2, virus coksaki, sitomegalovirus, maupun virus Epstein-Barr, maupun HIV juga dapat menimbulkan radang tenggorokan [serem banget sih].

Selain karena virus, radang tenggorokan dapat juga disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur. Bakteri penyebab radang tenggorokan adalah bakteri streptokokus grup A, C, dan G, serta bakteri dipteri. Penyebab lain adalah alergi, trauma, racun, dan neoplasia.

Sakit radang tenggorokan yang menyerang saluran pernafasan bagian atas ini biasanya merupakan gejala awal dari influensa, walaupun tidak selalu karena virus influenza. Sebenarnya sakit radang tenggorokan tidak memerlukan pengobatan medis, tapi memerlukan suplemen untuk memulihkan kondisi tubuh dan meningkatkan daya tahannya. Ada beberapa macam obat radang tenggorokan yang bisa mengurangi rasa sakit akibat radang tenggorokan.

Berikut ini tips mengobati radang tenggorokan:

  • Bila tenggorokan sudah terasa tidak enak, segera hisap permen yang mengandung mint, kalau bisa yang sugar free. Sering-seringlah menghisap permen mint ini, tahan rasa hangatnya di tenggorokan.
  • Hindari makan makanan yang merangsang tenggorokan bertambah sakit, seperti yang mengandung minyak, pedas, manis, asam atau banyak bumbu. Hindari makanan yang digoreng, makanlah makanan yang direbus dengan sedikit bumbu. Sayur sup seperti sup ikan sangat baik [aaa susahnyaa].
  • Banyak makan makanan yang bergizi, perbanyak protein, minum suplemen vitamin C, minum teh hijau.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Cukup tidur.
  • Untuk menghindari penyebaran penyakit ini di lingkungan keluarga, pastikan anggota keluarga yang sedang menderita radang tenggorokan menggunakan peralatan makan dan minumnya sendiri, jangan menggunakannya bergantian dengan anggota keluarga yang lain. Pastikan juga handuk dan lap terpisah dari anggota keluarga lainnya. Biasakan ketika bersin menutup mulut.

Dan yang pasti dan nggak boleh ketinggalaan, teteep jangan lupa minum obatnya yaa hehehe :D
Semoga membantu.

13 komentar:

ayu_saphire2011 mengatakan... Reply Comment

hadeuh kebetullan bgt lg sakit tggorokan :((

Happy mengatakan... Reply Comment

@ayu_saphire2011: Bisa di coba mbak tipsnya hhihi :D

Maria sugiharto mengatakan... Reply Comment

Mw d coba deh... Lg gak enak bgt rasany

Happy mengatakan... Reply Comment

@Maria sugiharto: Semoga membantuu :)

mochammad rofii mengatakan... Reply Comment

thanks y artikelnya,.. kbetuln gi radang

raka mengatakan... Reply Comment

kalo roko yg mengandung mint gimana tuh ?
bisa gk ya?

Anonim mengatakan... Reply Comment

ok,, makasih moga lekas sembuh deh,,

Happy mengatakan... Reply Comment

@mochammad rofii: sama-samaa :)

Happy mengatakan... Reply Comment

@raka: menurut saya sih, itu cuma menyegarkan tenggorokan / napas (dan hanya sesaat), namun tak mengobati radang :)

Happy mengatakan... Reply Comment

@Anonim: aamiin ^^

Syafiul Anam mengatakan... Reply Comment

kalau dibagian atas mulut (langit-langit) kaya bengkak, terus untuk menelan juga sakit, apa itu juga sama saja dengan sakit radang tenggorokan?

Happy mengatakan... Reply Comment

@Syafiul Anam: wah kurang tahu :( belum pernah mengalami langit2 mulut bengkak..

mboet cheppy mulyana mengatakan... Reply Comment

Thank ea......

Poskan Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...