Thanks kamu yang ke

Senin, 07 Mei 2012

Enam Alasan Mengapa Kita Harus Shalat

24


Semangat pagii, semangat hari senin. Sudah shalat subuh pagi tadi? Hehehe. Setelah sekian abad tidak posting, akhirnya saya muncul lagi nih, hoho.

Kali ini saya ingin sedikit berbagi, mengapa sih kita harus sholat, kenapa sih kita harus shalat? Diantara kita semua yang muslim pasti tahu lah ya, sholat itu wajib. Tapi mengapa?

Jadi kemarin minggu ketika saya bangun tidur sekitar pukul setengah tujuh pagi - kebiasaan, habis shalat subuh merem lagi :D - saya langsung dapet sarapan rohani dari masjid sebelah rumah yang tiap ahad pagi rutin ada pengajian.


Dan ini nih sedikit yang saya dengar dari penceramah, mengapa kita harus shalat :
  • Shalat itu tiangnya agama
Maksudnya gimana nih? Jadi Allah itu mengibaratkan shalat itu layaknya tiangnya agama. Sekarang bayangin deh sebuah rumah. Pasti semua rumah punya tiang lah ya, biar rumah tetap berdiri tegak. Nah kalau tiangnya nggak ada? Ya rumahnya nggak bisa berdiri lah, roboh. Nah, kalau udah roboh apakah masih bisa disebut rumah? Enggak kan ya. Begitu juga dalam shalat. Anggap aja agama itu rumah, shalat itu tiang. Kalau shalatnya nggak ada, apa masih bisa disebut orang beragama? Jawabannya adalah tidak. Jadi kalau kita nggak shalat, sama Allah tuh kita dianggap bukan orang beragama. Na'udzubillah.
  • Shalat itu inti / kunci dari semua ibadah
Maksudnya? Teman-teman pasti tahu lah ya, kunci. Bisa buat membuka pintu atau apa pun itu lah. Sekarang teman-teman bayangin kunci, sama rumah. Misalnya kita punya rumah yang isinya macem-macem ada ini itu semua yang kita pengenin, tapi kita nggak punya kuncinya nih. Apa bisa, kita dapetin semua yang ada di dalam rumah itu? Ya jelas enggak lah ya. Nah, sama kayak shalat dan ibadah kita. Misal pun teman-teman itu ibadahnya bagus banget, puasa nggak pernah bolong, zakat selalu ingat, sedekah di mana-mana, haji sama umroh berkali-kali, tapi nggak pernah shalat nih. Apa kita bakal dapet pahala dari semua ibadah tadi? Jawabannya adalah tidak. Pahala yang kita dapet nggak sempurna. Karena kalau shalat kita buruk, sebaik apa pun ibadah kita yang lain, Allah tidak menganggapnya. Na'udzubillah.
  • Shalat itu pelebur dosa
Siapa sih orang yang nggak punya dosa? Nggak ada lah ya. Nah kalau kita sadar bahwa kita ini nggak luput dari dosa, yuk shalat. Kenapa? Karena shalat itu pelebur dosa. Dalam hadist digambarkan kayak gini nih. Seandainya di depan rumah kita itu ada sungai yang bening mengalir, dan kita mandi lima kali sehari di sungai itu, apa yang terjadi? Pastinya badan kita bersih banget kan yaa - nggak bisa bayangin, saya mandi lima kali sehari :D. Nah, begitu juga dengan kita. Kalau kita shalat lima kali sehari, shalat lima waktu, itu ibaratnya kita sedang menggugurkan dosa-dosa kita. Mau mau mauuu.
  • Shalat itu pertanda bahwa kita orang Islam
Maksudnya? Jadi begini. Setiap orang itu pastilah punya identitas. Begitu juga dengan agama. Nah, identitas orang Islam itu tak lain dan tak bukan adalah shalat. Maksudnya? Misalnya kita melihat orang lagi shalat, pasti yang ada di pikiran kita kan "Oh, dia orang Islam." Kok tau? "Lah itu dia shalat." Kayak gitu tuh. Jadi kalau kita nggak pernah shalat, apa dong identitas atau pertanda yang menunjukkan kalau kita orang Islam. Nggak mau kan yaa kalau ada yang bilang "Islam kok nggak pernah shalat." Duh.
  • Shalat itu kunci surga
Dalam hadist disebutkan, bahwa kunci surga itu shalat, dan kunci shalat itu bersuci. Jadi hampir kayak penjelasan di 'Shalat itu kunci dari semua ibadah', kalau kita nggak shalat berarti kita nggak bakal punya kunci buat membuka pintu surga. Terus? Dapetnya neraka doong! Nggak mau lah yaa.
  • Shalat itu menjauhkan kita dari ucapan jelek dan perbuatan buruk / jahat (dosa)
Mungkin kita sering kali mendengar, bahwa dengan shalat itu dapat mencegah perbuatan buruk dan munkar (dosa). Tapi kok saya terkadang masih berbuat dosa ya, walau saya shalat? Mungkin ada teman-teman yang bertanya-tanya seperti itu - termasuk saya. Kata pak ustad yang ceramah itu, kalau kita masih melakukan dosa, berarti shalat kita belum sempurna. Tiap dengar adzan kita langsung semangat shalat, kita tinggal jalani saja. Shalat sudah menjadi rutinitas, tanpa pernah mengajukan pertanyaan apa sih tujuan sholat kita? Untuk apa maksudnya sholat? Jadi alangkah baiknya kalau kita mencari tahu - belajar agama lagi, nggak cuma di sekolah :D - apa sih tujuan dan maksud shalat, sehingga ada relasinya shalat kita dan keseharian kita. Kalau yang shalat aja kadang masih berbuat dosa, apa masih mau nggak shalat? Mau menabung dosa gitu? Hehehe.

Nah, itu tadi enam alasan mengapa kita harus shalat. Sebenarnya bukan hanya enam, pasti masih banyak sekali hal-hal yang dapat menjelaskan mengapa kita harus shalat. Mungkin diantara teman-teman sudah banyak yang tahu tentang enam hal di atas, tapi sekedar berbagi dan mengingatkan tak ada salahnya bukan?

Semoga setelah membaca Enam Alasan Mengapa Kita Harus Shalat ini, dapat memperbaiki shalat kita yang mungkin masih bolong-bolong, enggak rutin atau tepat waktu, dan masih malas-malasan; semoga menambah motivasi kita dalam shalat. Semoga bermanfaat :)

Read more

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting