Thanks kamu yang ke

Sabtu, 27 Oktober 2012

Kata Kata Gaul di Twitter, Facebook dan Dunia Maya

3


Sering nggak sih kamu kebingungan gara-gara baca istilah atau kata-kata nggak jelas di dunia maya? Dan pas kita tanya ke teman, si teman malah bilang "Nggak gaul banget sii laauu!?" Aduh capek deh.

Memang, istilah-istilah atau kata-kata nggak jelas (read: gaul) di dunia maya sangat menjamur belakangan ini, dan mulai diterapkan juga di dunia nyata. Halah.

Buat kamu, yang nggak gaul (yang belum tau istilah-istilah ini maksudnya :D) cekidot ya, biar nggak dikata kamseupay lagi sama teman-teman kamu hohoho :D


Kepo
Kepo artinya orang yang selalu mau tahu urusan orang lain dalam segala hal.
Contohnya nih yaa, "Cantik, namanya siapa? Kamu anak SMU Primadona itu ya? Yang kalo berangkat sekolah dianter abang kamu itu kan? Boleh minta nope nya nggak ni? Blablablaa." Dan si cewek pun jawab, "KEPO banget sih lo jadi orang!"
Yah, begitulah, kurang lebih. Hohoho.

Kamseupay
Siapa sih yang nggak kenal kata ini? Kamseupay adalah singkatan dari kampungan sekali udik payah.
Jadi kalo ada teman kamu yang ngatain kamu kamseupay, langsung jawab aja yaa "Masalah buat elloo?!?" Wkwk :D

Kamsud
Ada yang tahu artinya kamsud? Maksudnya apa sih? Kamsud artinya tak lain adalah maksud. Cuman pembalikan konsonan aja. Kamsud = maksud. Paham kan? :)

Kece
Kece. Hmm, kedengarannya nggak asing. Pasti udah pada tahu kan ya? Yupp. Kece itu istilah yang dipakai buat menggambarkan kalau seseorang itu keren. Atau bisa dibilang, kece itu istilah lain dari keren.
Misalnya, "Cowok yang nggak ngerokok ituuu, kece banget nggak sih?" Nah!

Kicep
Apaan tuh kicep? Hm, jadi begini. Kicep itu artinya diam atau mematung. Istilah kicep biasanya dipakai kalo seseorang itu malu, atau nggak tahu apa yang musti dilakuin.
Contohnya, "Sumpah langsung kicep gue begitu dengar kalo mereka jadian!"
Mungkin, bisa dibilang, kicep itu istilah lain dari speechless. Hehe.

Koplak
Koplak ini diadaptasi dari bahasa jawa. Artinya kurang lebih adalah lucu atau gokil. Tapi bahasanya agak lebih kasar, jadi agak terkesan menghina.
Misalnya, "Woo tu anak koplak banget sumpah, siang bolong begini pakai jas hujan."

Ciyus
Nah loh, apa sih sebenarnya maksud kata-kata ini. Kayaknya nggak asing banget, tapi maksudnya apaan? Ciyus itu, maksudnya serius. Cuman pengucapannya dibikin sok imut gitu. Duh malah kayak anak latihan ngomong yah? Ciyus deh. Wkwk.

Enelan
Enelan? Apa pula ini? Masih sama kayak yang ciyus tadi, enelan itu cara pengucapan sok imut dari kata beneran.

Miapah
Tadi ciyus. Terus enelan. Sekarang miapah. Kayaknya lengket banget tiga kata ini? Yupp. Biasanya mereka bertiga muncul dalam satu kalimat.
Sepertii.... Ciyus? Enelan? Miapah?
Maksudnya adalah, serius? Beneran? Demi apa?
Yupp. Miapah itu artinya demi apa :)

Peres
Pengucapannya, e nya di baca seperti pada kata melting, bukan e di kata lemari. Atau kayak artis kita, si cantik JuPe. Artinya, palsu, tidak tulus, atau bohong.

Ubay
Apaan tuh ubay? Ternyata, ubay itu adalah sebuah singkatan. U makdunya adalah you atau kamu. Sedangkan bay maksudnya lebay. Jadi ubay itu artinya adalah kamu lebay. Nah loh, sebenarnya siapa yang lebay kalo kayak gini?

Bokis
Ada temanmu yang pernah ngatain kamu bokis? Hayoo, ketahuan banget kalo hobimu bohong ya? Yupp, bokis itu artinya bohong.

Woles
Wooyy, woles aja kali booss! Apa sih maksudnya woles? Sama seperti kata kamsud tadi, woles juga merupakan pembalikan konsonan, diambil dari kata selow, atau slow dalam bahasa Inggris. Jadi artinya? Wooyy, santai aja kali booss! :D

Mager
Hayo, kalo mager ada yang tahu nggak? Mager itu singkatan dari dua kata yaitu males gerak.
Contohnya, "Masih ngantuk tapi musti kuliah, mager banget sumpah."

Bais
Lagi-lagi tentang pembalikan konsonan. Bais = habis bos! Ada ada aja ya.

Yalsi
Apaan ni? Kalo bingung, coba deh ucapkan kata ini beberapa kali. Yalsi yalsi yalsi yalsiyal. Ada gambaran? Yup, yalsi itu maksudnya siaall brooo :D

Kool
Jangan dipikir ini sama kayak kata cool dalam bahasa Inggris. Karena kool adalah singkatan dari KOalitas Orang Lowclass. Atau bisa dibilang sekeluarga sama mereka-mereka yang lebay bin alay.

PHP
Disini saya nggak lagi ngomongin bahasa pemrograman lhoo yaa. PHP itu istilah yang diberikan kepada mereka-mereka yang suka mempermainkan perasaan orang lain. Kok bisa? Karena PHP adalah kependekan dari Pemberi Harapan Palsu :D


Yah, itu tadi sedikit pengenalan kata-kata nggak jelas yang katanya gaul yang lagi populer belakangan ini. Ada yang mau menambahkan? Atau ada yang mau bertanya, kata-kata yang belum tercantum di atas mungkin? :D

3 komentar:

Sheilla Agatha mengatakan... Reply Comment

like this page

selly piuliang mengatakan... Reply Comment

kalu luzer apa dong

Anonim mengatakan... Reply Comment

mantap infonya gan mampir yuppss www.redman.mywapblog.com

Poskan Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...