Thanks kamu yang ke

Minggu, 28 Oktober 2012

Manfaat Tidak Merokok / Berhenti Merokok [Penting!]

3


Halo teman-teman, apa kabar hari ini? Mau berbagi sedikit nih seputar merokok dan seputar kesehatan. Apakah diantara teman-teman ada yang merokok? Atau ada yang ingin berhenti merokok, tapi susah? Atau ada yang cuek bebek asap mengepul terus kayak kereta? Atau ada yang sebel karena setiap pacarnya dibilangin agar berhenti merokok, tetap ngeyel?

Jika selama ini ancaman kesehatan dan kerugian akibat merokok nggak mempan membuat seseorang berhenti merokok, bagaimana kalau kita pakai cara lain. Yup, beberkan saja semua keuntungan yang bisa didapatkan jika kita tidak merokok!

Seperti dikutip dari Health, peneliti dari Peninsula Medical School, Inggris menyebutkan banyak sekali keuntungan yang akan didapat seandainya kita tidak merokok. Diantaranya adalah 26 keuntungan berikut :

  1. Kamu bisa hemat, nggak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk membeli rokok, dan bisa membeli barang-barang lain yang kamu inginkan. Kalo saya mengamati nih ya, cowok-cowok ternyata nggak sedikit yang lebih memilih nggak beli makan, hanya untuk membeli rokok. Duh, yang mereka pikirin apa sih sebenarnya!
  2. Kamu akan menghirup lebih sedikit bakteri. Karena, menghisap rokok sama dengan menghirup bakteri yang bisa membuat sakit. Udah buang-buang duit, bikin sakit juga. Nggak mau dong.
  3. Kamu bisa lebih pintar karena terhindar dari kecanduan zat kimia rokok yang bisa merusak otak. Sekali lagi, otak! Ini dampaknya bukan cuma seminggu sebulan setahun ke depan, tapi jangka panjang, teman-teman.
  4. Kamu akan memiliki gaya bercinta dan kemampuan seksual yang lebih baik karena aliran darah dan sirkulasinya yang lebih baik dan bersih. Kalau ini saya kurang tahu yaa, huehehe. Tanya aja sama peneliti dari Inggrisnya :D 
  5. Kamu akan tidur lebih nyenyak dan lebih baik, karena nikotin adalah zat yang bisa mengganggu produksi hormon tidur.
  6. Kamu bisa punya tulang yang lebih sehat dan kuat, karena kepadatan mineral tulang tidak akan tercuri dan berkurang akibat rokok. Sekali lagi, ini jangka panjang. Nggak mau kan, besok kalau punya anak, mau nggendong aja nggak bisa gara-gara tulangnya nggak sehat dan nggak kuat. Eh, kok sampai ke anak segala sih? :D
  7. Kamu akan terhindar dari penyakit psoriasis, karena studi terkini menyebutkan ada hubungannya antara perokok dengan penyakit kulit psoriasis. Sebagai info, psoriasis ialah sejenis penyakit kulit yang penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat, yaitu sekitar dua sampai empat hari. Timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja sehingga dapat menurunkan kualitas hidup, serta menggangu kekuatkan mental seseorang bila tidak dirawat dengan baik. Sampai ke mental lho!
  8. Kamu akan merasa lebih hangat dan tidak kedinginan, karena sirkulasi darah akan berjalan dengan lancar dan menghangatkan tubuh. Kalau ada yang bilang merokok buat menghangatkan badan, itu hanya akal-akalan!
  9. Buat kamu yang punya penyakit AIDS, tidak akan mengalami proses kemunduran daya tahan tubuh yang lebih cepat. Nah!
  10. Kamu akan terhindar dari semua penyakit kronis yang disebabkan rokok, terutama penyakit jantung yang punya risiko empat kali lipat. Tuh, semua! Resiko penyakit jantung empat kali lipat gara-gara merokok? Nggak mau banget!
  11. Kamu bisa terhindar dari meninggal dunia karena tumor otak, karena asap rokok yang masuk ke paru-paru bisa menyebar cepat ke dalam pembuluh darah di otak. Lagi-lagi otak. Dan, meninggal dunia hanya karena rokok? Sia-sia banget hidupmu, teman!
  12. Kamu bisa memiliki gigi yang lebih bersih dan sehat, karena zat kimia dalam rokok tidak masuk lagi ke mulut dan tidak akan merusak gigi. Bau napas juga :D
  13. Kamu akan memiliki keriput yang lebih sedikit karena rokok bisa merusak jaringan dan elastisitas kulit setelah 10 tahun. Tuh, sepuluh tahun. Sudah berapa tahun kamu merokok?
  14. Kamu akan memiliki indera penciuman yang lebih baik, dan mengonsumsi makanan dengan lebih nikmat. Kalau kamu merasa setiap makan nggak pernah ada enaknya, itu karena rokokmu.
  15. Kamu bisa punya rambut yang lebih kuat dan tidak akan cepat mengalami kebotakan. Rokok bikin rambut rapuh dan botak. Nggak mau kan? Ntar gantengnya hilang dong kalau botak :D
  16. Kamu akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan produktif karena jarang sakit. Nah, penting!
  17. Kamu akan terhindar dari stres karena tekanan keluarga dan orang-orang yang ingin kamu berhenti merokok. Betul banget!
  18. Kamu terhindar dari batuk dan bronkitis yang mengganggu. Lagi-lagi penyakit dalam. Nggak mau kan?
  19. Kamu akan menyelamatkan bayi dan anak-anak yang tidak berdosa dari gangguan asap rokok. Dan anakmu sendiri suatu hari nanti, tentunya!
  20. Kamu akan memiliki sperma yang lebih banyak dan sehat, karena risiko sperma cacat akibat bahan kimia rokok akan berkurang. Merokok bikin kualitas sperma memburuk. Bagaimana jadinya anakmu kelak bro, kalau kualitas spermamu aja cacat?
  21. Kamu akan lebih dicintai pasangan, menjadi pencium yang baik dan kemungkinan dicampakkan berkurang karena kebanyakan wanita nggak suka bau asap rokok. Ahaha, setuju. Saya termasuk mereka yang nggak suka bau asap rokok.
  22. Kamu akan menjadi contoh dan figur yang baik untuk teman yang ingin berhenti merokok. Nice :)
  23. Kamu bisa bernapas lebih panjang karena karbonmonoksida dari rokok tidak akan masuk ke dalam darah dan membatasi jumlah oksigen untuk bernafas.
  24. Kamu yang cewek, bisa punya kemungkinan untuk hamil lebih besar karena terhindar dari kanker ovarium atau rusaknya sel-sel telur dan fungsi reproduktif wanita.
  25. Kamu punya risiko melahirkan anak cacat yang lebih rendah karena zat kimia dalam rokok bisa menyebabkan mutasi gen yang diturunkan pada anak. Lagi-lagi anak yang menjadi tumbal :(
  26. Kamu akan memiliki umur yang lebih panjang karena setiap satu batang rokok yang dihisap, bisa mengurangi 11 menit kesempatan hidup. Sebelas menit! Sudah berapa ratus batang rokok yang kamu hisap? Kalikan saja dengan 11 menit. Nah, sebanyak itu jatah hidupmu berkurang!

Dan tentunya, masih banyak lagi manfaat dari tidak merokok. Jadi? Masih ingin mengepulkan asap kayak kereta? Atau sudah siap memanfaatkan uangmu untuk hal lain yang bermanfaat?

Masa depan masih panjang teman, dan merokok bisa merusak mimpi-mimpi masa depanmu dan orang-orang tercintamu. Semoga 26 manfaat jika kamu tidak menghisap rokok ini, memberi pencerahan ya :)

Read more

Resep Rendang Sapi Enak Nendang

3

Dan akhirnya ketemu lagi sama hari Idul Adha, yang identik banget dengan daging, dengan kambing, dengan sapi, dengan masakan-masakan yang lezat hehehe :D Kali ini saya mau berbagi resep rendang sapi nih teman-teman, yang dijamin rasanya pasti enak dan nendang sampai ke lidah sampai ke hati. Ceileh :D Yaudah langsung di simak aja ya, cekidot!

Rendang Sapi
Bahan:
  • 1 kilogram daging sapi, di potong agak besar
  • 1/4 hati sapi, dipotong agak besar
  • 1/4 kilogram paru sapi, dipotong agak besar
  • 1/2 buah kelapa, diparut, lalu disangrai hingga berminyak
  • 2 lembar daun salam, dicuci bersih
  • 1 lembar daun kunyit, dicuci bersih
  • 10 butir cengkeh, dicuci bersih
  • 1 asam kandih, dicuci bersih
  • 3 centimeter kayu manis, dicuci bersih
  • 1 1/2 ons kentang kecil (bulat kecil) , dicuci bersih, jangan dikupas
  • 1 ons kacang merah kering, dicuci bersih
  • 2 sendok makan garam

Bumbu yang Dihaluskan:
  • 1/4 kilogram cabe merah, dipotong kasar
  • 1 ons bawang merah, dipotong kasar
  • sebonggol bawang putih, dipotong kasar
  • 3 centimeter jahe, dipotong kasar
  • 1/2 ons kemiri, dipotong kasar
  • 3 centimeter lengkuas muda, dipotong kasar
  • 1 buah pala, dipotong kasar
  • 5 batang serai, diambil yang bagian putihnya saja, lalu diiris bulat tipis
  • 1/2 sendok teh jintan
  • 2 sendok makan ketumbar

Santan:
  • 4 buah kelapa, diparut, lalu dijadikan santan sebanyak 1000 ml. Atau boleh juga 1 kilogram beli jadi

Cara Membuat:
  • Semua bumbu halus dicuci hingga bersih, lalu dihaluskan
  • Daging, hati, paru sapi dicuci hingga bersih, lalu sisihkan
  • Siapkan wajan, tuangkan santan, masak di api sedang hingga kental dan berminyak
  • Masukkan bumbu rendang yang sudah dihaluskan, daging, hati dan paru sapi
  • Masukkan kelapa yang telah disangrai, pala, daun salam, daun kunyit, cengkeh, asam kandih, kayu manis, kentang kecil yang tidak dikupas, dan kacang merah
  • Beri garam, aduk rata dan masak hingga matang, kuahnya berminyak dan sedikit kering

Selesaaaiiiiii. Rendang sapi yang enak nendang rasanya siap disantap hehehe. Semoga bermanfaat yah :D Oiya, kalau pengen resep daging yang bukan rendang sapi, coba aja klik resep tongseng danging sapi, nggak kalah nendang lho :D

Read more

Sabtu, 27 Oktober 2012

Kata Kata Gaul di Twitter, Facebook dan Dunia Maya

8


Sering nggak sih kamu kebingungan gara-gara baca istilah atau kata-kata nggak jelas di dunia maya? Dan pas kita tanya ke teman, si teman malah bilang "Nggak gaul banget sii laauu!?" Aduh capek deh.

Memang, istilah-istilah atau kata-kata nggak jelas (read: gaul) di dunia maya sangat menjamur belakangan ini, dan mulai diterapkan juga di dunia nyata. Halah.

Buat kamu, yang nggak gaul (yang belum tau istilah-istilah ini maksudnya :D) cekidot ya, biar nggak dikata kamseupay lagi sama teman-teman kamu hohoho :D


Kepo
Kepo artinya orang yang selalu mau tahu urusan orang lain dalam segala hal.
Contohnya nih yaa, "Cantik, namanya siapa? Kamu anak SMU Primadona itu ya? Yang kalo berangkat sekolah dianter abang kamu itu kan? Boleh minta nope nya nggak ni? Blablablaa." Dan si cewek pun jawab, "KEPO banget sih lo jadi orang!"
Yah, begitulah, kurang lebih. Hohoho.

Kamseupay
Siapa sih yang nggak kenal kata ini? Kamseupay adalah singkatan dari kampungan sekali udik payah.
Jadi kalo ada teman kamu yang ngatain kamu kamseupay, langsung jawab aja yaa "Masalah buat elloo?!?" Wkwk :D

Kamsud
Ada yang tahu artinya kamsud? Maksudnya apa sih? Kamsud artinya tak lain adalah maksud. Cuman pembalikan konsonan aja. Kamsud = maksud. Paham kan? :)

Kece
Kece. Hmm, kedengarannya nggak asing. Pasti udah pada tahu kan ya? Yupp. Kece itu istilah yang dipakai buat menggambarkan kalau seseorang itu keren. Atau bisa dibilang, kece itu istilah lain dari keren.
Misalnya, "Cowok yang nggak ngerokok ituuu, kece banget nggak sih?" Nah!

Kicep
Apaan tuh kicep? Hm, jadi begini. Kicep itu artinya diam atau mematung. Istilah kicep biasanya dipakai kalo seseorang itu malu, atau nggak tahu apa yang musti dilakuin.
Contohnya, "Sumpah langsung kicep gue begitu dengar kalo mereka jadian!"
Mungkin, bisa dibilang, kicep itu istilah lain dari speechless. Hehe.

Koplak
Koplak ini diadaptasi dari bahasa jawa. Artinya kurang lebih adalah lucu atau gokil. Tapi bahasanya agak lebih kasar, jadi agak terkesan menghina.
Misalnya, "Woo tu anak koplak banget sumpah, siang bolong begini pakai jas hujan."

Ciyus
Nah loh, apa sih sebenarnya maksud kata-kata ini. Kayaknya nggak asing banget, tapi maksudnya apaan? Ciyus itu, maksudnya serius. Cuman pengucapannya dibikin sok imut gitu. Duh malah kayak anak latihan ngomong yah? Ciyus deh. Wkwk.

Enelan
Enelan? Apa pula ini? Masih sama kayak yang ciyus tadi, enelan itu cara pengucapan sok imut dari kata beneran.

Miapah
Tadi ciyus. Terus enelan. Sekarang miapah. Kayaknya lengket banget tiga kata ini? Yupp. Biasanya mereka bertiga muncul dalam satu kalimat.
Sepertii.... Ciyus? Enelan? Miapah?
Maksudnya adalah, serius? Beneran? Demi apa?
Yupp. Miapah itu artinya demi apa :)

Peres
Pengucapannya, e nya di baca seperti pada kata melting, bukan e di kata lemari. Atau kayak artis kita, si cantik JuPe. Artinya, palsu, tidak tulus, atau bohong.

Ubay
Apaan tuh ubay? Ternyata, ubay itu adalah sebuah singkatan. U makdunya adalah you atau kamu. Sedangkan bay maksudnya lebay. Jadi ubay itu artinya adalah kamu lebay. Nah loh, sebenarnya siapa yang lebay kalo kayak gini?

Bokis
Ada temanmu yang pernah ngatain kamu bokis? Hayoo, ketahuan banget kalo hobimu bohong ya? Yupp, bokis itu artinya bohong.

Woles
Wooyy, woles aja kali booss! Apa sih maksudnya woles? Sama seperti kata kamsud tadi, woles juga merupakan pembalikan konsonan, diambil dari kata selow, atau slow dalam bahasa Inggris. Jadi artinya? Wooyy, santai aja kali booss! :D

Mager
Hayo, kalo mager ada yang tahu nggak? Mager itu singkatan dari dua kata yaitu males gerak.
Contohnya, "Masih ngantuk tapi musti kuliah, mager banget sumpah."

Bais
Lagi-lagi tentang pembalikan konsonan. Bais = habis bos! Ada ada aja ya.

Yalsi
Apaan ni? Kalo bingung, coba deh ucapkan kata ini beberapa kali. Yalsi yalsi yalsi yalsiyal. Ada gambaran? Yup, yalsi itu maksudnya siaall brooo :D

Kool
Jangan dipikir ini sama kayak kata cool dalam bahasa Inggris. Karena kool adalah singkatan dari KOalitas Orang Lowclass. Atau bisa dibilang sekeluarga sama mereka-mereka yang lebay bin alay.

PHP
Disini saya nggak lagi ngomongin bahasa pemrograman lhoo yaa. PHP itu istilah yang diberikan kepada mereka-mereka yang suka mempermainkan perasaan orang lain. Kok bisa? Karena PHP adalah kependekan dari Pemberi Harapan Palsu :D


Yah, itu tadi sedikit pengenalan kata-kata nggak jelas yang katanya gaul yang lagi populer belakangan ini. Ada yang mau menambahkan? Atau ada yang mau bertanya, kata-kata yang belum tercantum di atas mungkin? :D

Read more

Kamis, 04 Oktober 2012

Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi (GIS)

1


Mungkin ada beberapa dari kita yang pernah mendengar istilah Sistem Informasi Geografis (SIG), namun belum paham apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi Geografi. Di sini saya akan menuliskan sedikit tentang Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Geographic Information System (GIS).



Jika dilihat dari namanya, Sistem Informasi Geografi merupakan gabungan tiga unsur pokok, yaitu sistem, informasi, dan geografis. Jadi dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Geografi merupakan suatu sistem yang menekankan pada unsur informasi geografis, dimana informasi geografis tersebut mengandung pengertian informasi tentang berbagai tempat yang ada di permukaan bumi, pengetahuan tentang letak suatu objek di permukaan bumi, dan informasi tentang keterangan-keterangan (atribut) yang terdapat di permukaan bumi yang posisinya telah diketahui.

Tugas terpenting Sistem Informasi Geografi adalah untuk menghasilkan informasi yang sesuai dengan tujuan, dengan jalan tumpang susun dari beberapa peta. Misalnya saja, untuk memilih jalur jalan dapat dilakukan tumpang susun peta yang terdiri atas peta jenis tanah, peta topografi, peta laju infiltrasi, dan peta tata guna lahan. Tumpang susun beberapa peta tersebut merupakan GIS secara manual.

Namun, Sistem Informasi Geografi secara manual mempunyai beberapa keterbatasan. Diantaranya adalah:

1. Prosesnya sangat lambat, dan memerlukan banyak tenaga. Hal itu disebabkan karena dalam proses tumpang susun peta harus dilakukan penyamaan proyeksi dan skala peta. Selain itu, tumpang susun peta hanya dapat dilakukan atas tiga atau empat lapis, masih ditambah satu peta dasar untuk mencapai akurasi spasial dalam tumpang susun itu.

2. Sulit untuk melakukan penghitungan statistik, karena pengukuran luas harus dilakukan secara manual.

3. Tidak cocok untuk menciptakan kombinasi baru yang rumit dari lapis sebelumnya karena Sistem Informasi Geografi secara manual tidak dilengkapi dengan proses numerik untuk kombinasi lapis.

4. Untuk tempat penyimpanan data, memerlukan ruang lebih banyak.

Dalam upaya menangani informasi-informasi spasial atau yang bereferensi geografi, sekitar tahun 1970­an telah dikembangkan suatu Sistem Informasi Geografi otomatis, yang antara lain digunakan untuk menangani pengorganisasian data dan informasi, menempatkan informasi pada lokasi tertentu, melakukan komputerisasi, serta memberikan ilustrasi hubungan antara satu objek dan objek lainnya. Maka dari itu, Sistem Informasi Geografi merupakan suatu teknologi informasi yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan­-pekerjaan yang berhubungan dengan bidang-bidang spasial, khususnya untuk membuat suatu model data spasial. Itu karena Sistem Informasi Geografi mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam menggambarkan data-data spasial dan data-data atributnya.

Dengan menggunakan Sistem Informasi Geografi, maka modifikasi warna, bentuk, dan ukuran simbol yang diperlukan untuk menggambarkan suatu gejala di permukaan bumi dapat dilakukan secara mudah. Sistem Informasi Geografi dapat digunakan sebagai alat bantu yang sangat menarik dalam meningkatkan pengertian, pemahaman, pembelajaran, dan pendidikan mengenai ide-ide atau konsep-konsep lokasi, ruang, kependudukan, dan unsur-unsur geografis yang terdapat di permukaan bumi beserta data-data atribut yang menyertainya.

Untuk mengatasi keterbatasan Sistem Informasi Geografi manual, maka dikembangkan Sistem Informasi Geografi berbasis perangkat komputer. Kemampuan Sistem Informasi Geografi menggunakan perangkat komputer diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Penggabungan dua berkas data spasial atau lebih, baik daerah yang berbeda dengan atribut sama maupun daerah dan atribut yang sama sehingga dimungkinkan konversi proteksi, ukuran pixel, kode, dan simbol.

2. Pencuplikan sebagian berkas data spasial, baik dengan cara dibatasi segi empat maupun menutup bagian yang tidak dikehendaki atau batas tak teratur.

3. Mampu melakukan penyuntingan berkas data atribut, diantaranya meliputi berikut ini:

a. Pengolahan berkas basis data
b. Menayangkan informasi yang dihasilkan sesuai permintaan pengguna.
c. Memungkinkan analisis statistik.
d. Memungkinkan penggunaan basis data SIG.
e. Menyajikan hubungan antarbasis data.

4. Tidak memerlukan banyak ruang untuk penyimpanan data dan pengambilan kembali data dapat dilakukan secara cepat dan akurat. Ribuan peta topografi dapat disimpan secara digital pada satu komputer.

5. Mampu mengolah sejumlah besar data secara cepat.

Seiring dengan perkembangan komputer, perkembangan Sistem Informasi Geografi juga mengalami peningkatan yang sangat pesat. Peningkatan itu terutama terdorong oleh perkembangan pengindraan jauh, komputer, dan Global Positioning System atau yang lebih sering kita sebut GPS. Perkembangan Sistem Informasi Geografi sangat menarik bagi berbagai pihak untuk keperluan yang sangat beragam. Oleh karena itu, penggunaan Sistem Informasi Geografi pun mengalami peningkatan yang sangat pesat sejak tahun 1980-an. Peningkatan penggunaan SIG terjadi terutama di negara-negara maju, baik di kalangan militer, pemerintahan, akademis, maupun untuk kepentingan bisnis.

Kita ketahui bahwa salah satu fungsi peta adalah untuk menyimpan data geografis. Pada mulanya data-data geografis tersebut disajikan dengan menggunakan simbol-simbol tertentu. Oleh karena itu, peta dapat dianggap sebagai media yang efektif untuk menyimpan dan menginformasikan data geografis.

Namun, seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi, data-data informasi geografis dapat disimi dan disampaikan dengan menggunakan perangkat komputer. Data-data dalam komputer itu dikenal dengan istilah data digital.

Berikut tadi adalah sedikit tentang Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi. Di lain kesempatan, saya akan menuliskan sedikit tentang pengertian Sistem Informasi Geografi, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan itu.

Read more

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting