Thanks kamu yang ke

Minggu, 28 Oktober 2012

Manfaat Tidak Merokok / Berhenti Merokok [Penting!]

1


Halo teman-teman, apa kabar hari ini? Mau berbagi sedikit nih seputar merokok dan seputar kesehatan. Apakah diantara teman-teman ada yang merokok? Atau ada yang ingin berhenti merokok, tapi susah? Atau ada yang cuek bebek asap mengepul terus kayak kereta? Atau ada yang sebel karena setiap pacarnya dibilangin agar berhenti merokok, tetap ngeyel?

Jika selama ini ancaman kesehatan dan kerugian akibat merokok nggak mempan membuat seseorang berhenti merokok, bagaimana kalau kita pakai cara lain. Yup, beberkan saja semua keuntungan yang bisa didapatkan jika kita tidak merokok!

Seperti dikutip dari Health, peneliti dari Peninsula Medical School, Inggris menyebutkan banyak sekali keuntungan yang akan didapat seandainya kita tidak merokok. Diantaranya adalah 26 keuntungan berikut :

  1. Kamu bisa hemat, nggak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk membeli rokok, dan bisa membeli barang-barang lain yang kamu inginkan. Kalo saya mengamati nih ya, cowok-cowok ternyata nggak sedikit yang lebih memilih nggak beli makan, hanya untuk membeli rokok. Duh, yang mereka pikirin apa sih sebenarnya!
  2. Kamu akan menghirup lebih sedikit bakteri. Karena, menghisap rokok sama dengan menghirup bakteri yang bisa membuat sakit. Udah buang-buang duit, bikin sakit juga. Nggak mau dong.
  3. Kamu bisa lebih pintar karena terhindar dari kecanduan zat kimia rokok yang bisa merusak otak. Sekali lagi, otak! Ini dampaknya bukan cuma seminggu sebulan setahun ke depan, tapi jangka panjang, teman-teman.
  4. Kamu akan memiliki gaya bercinta dan kemampuan seksual yang lebih baik karena aliran darah dan sirkulasinya yang lebih baik dan bersih. Kalau ini saya kurang tahu yaa, huehehe. Tanya aja sama peneliti dari Inggrisnya :D 
  5. Kamu akan tidur lebih nyenyak dan lebih baik, karena nikotin adalah zat yang bisa mengganggu produksi hormon tidur.
  6. Kamu bisa punya tulang yang lebih sehat dan kuat, karena kepadatan mineral tulang tidak akan tercuri dan berkurang akibat rokok. Sekali lagi, ini jangka panjang. Nggak mau kan, besok kalau punya anak, mau nggendong aja nggak bisa gara-gara tulangnya nggak sehat dan nggak kuat. Eh, kok sampai ke anak segala sih? :D
  7. Kamu akan terhindar dari penyakit psoriasis, karena studi terkini menyebutkan ada hubungannya antara perokok dengan penyakit kulit psoriasis. Sebagai info, psoriasis ialah sejenis penyakit kulit yang penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat, yaitu sekitar dua sampai empat hari. Timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja sehingga dapat menurunkan kualitas hidup, serta menggangu kekuatkan mental seseorang bila tidak dirawat dengan baik. Sampai ke mental lho!
  8. Kamu akan merasa lebih hangat dan tidak kedinginan, karena sirkulasi darah akan berjalan dengan lancar dan menghangatkan tubuh. Kalau ada yang bilang merokok buat menghangatkan badan, itu hanya akal-akalan!
  9. Buat kamu yang punya penyakit AIDS, tidak akan mengalami proses kemunduran daya tahan tubuh yang lebih cepat. Nah!
  10. Kamu akan terhindar dari semua penyakit kronis yang disebabkan rokok, terutama penyakit jantung yang punya risiko empat kali lipat. Tuh, semua! Resiko penyakit jantung empat kali lipat gara-gara merokok? Nggak mau banget!
  11. Kamu bisa terhindar dari meninggal dunia karena tumor otak, karena asap rokok yang masuk ke paru-paru bisa menyebar cepat ke dalam pembuluh darah di otak. Lagi-lagi otak. Dan, meninggal dunia hanya karena rokok? Sia-sia banget hidupmu, teman!
  12. Kamu bisa memiliki gigi yang lebih bersih dan sehat, karena zat kimia dalam rokok tidak masuk lagi ke mulut dan tidak akan merusak gigi. Bau napas juga :D
  13. Kamu akan memiliki keriput yang lebih sedikit karena rokok bisa merusak jaringan dan elastisitas kulit setelah 10 tahun. Tuh, sepuluh tahun. Sudah berapa tahun kamu merokok?
  14. Kamu akan memiliki indera penciuman yang lebih baik, dan mengonsumsi makanan dengan lebih nikmat. Kalau kamu merasa setiap makan nggak pernah ada enaknya, itu karena rokokmu.
  15. Kamu bisa punya rambut yang lebih kuat dan tidak akan cepat mengalami kebotakan. Rokok bikin rambut rapuh dan botak. Nggak mau kan? Ntar gantengnya hilang dong kalau botak :D
  16. Kamu akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan produktif karena jarang sakit. Nah, penting!
  17. Kamu akan terhindar dari stres karena tekanan keluarga dan orang-orang yang ingin kamu berhenti merokok. Betul banget!
  18. Kamu terhindar dari batuk dan bronkitis yang mengganggu. Lagi-lagi penyakit dalam. Nggak mau kan?
  19. Kamu akan menyelamatkan bayi dan anak-anak yang tidak berdosa dari gangguan asap rokok. Dan anakmu sendiri suatu hari nanti, tentunya!
  20. Kamu akan memiliki sperma yang lebih banyak dan sehat, karena risiko sperma cacat akibat bahan kimia rokok akan berkurang. Merokok bikin kualitas sperma memburuk. Bagaimana jadinya anakmu kelak bro, kalau kualitas spermamu aja cacat?
  21. Kamu akan lebih dicintai pasangan, menjadi pencium yang baik dan kemungkinan dicampakkan berkurang karena kebanyakan wanita nggak suka bau asap rokok. Ahaha, setuju. Saya termasuk mereka yang nggak suka bau asap rokok.
  22. Kamu akan menjadi contoh dan figur yang baik untuk teman yang ingin berhenti merokok. Nice :)
  23. Kamu bisa bernapas lebih panjang karena karbonmonoksida dari rokok tidak akan masuk ke dalam darah dan membatasi jumlah oksigen untuk bernafas.
  24. Kamu yang cewek, bisa punya kemungkinan untuk hamil lebih besar karena terhindar dari kanker ovarium atau rusaknya sel-sel telur dan fungsi reproduktif wanita.
  25. Kamu punya risiko melahirkan anak cacat yang lebih rendah karena zat kimia dalam rokok bisa menyebabkan mutasi gen yang diturunkan pada anak. Lagi-lagi anak yang menjadi tumbal :(
  26. Kamu akan memiliki umur yang lebih panjang karena setiap satu batang rokok yang dihisap, bisa mengurangi 11 menit kesempatan hidup. Sebelas menit! Sudah berapa ratus batang rokok yang kamu hisap? Kalikan saja dengan 11 menit. Nah, sebanyak itu jatah hidupmu berkurang!

Dan tentunya, masih banyak lagi manfaat dari tidak merokok. Jadi? Masih ingin mengepulkan asap kayak kereta? Atau sudah siap memanfaatkan uangmu untuk hal lain yang bermanfaat?

Masa depan masih panjang teman, dan merokok bisa merusak mimpi-mimpi masa depanmu dan orang-orang tercintamu. Semoga 26 manfaat jika kamu tidak menghisap rokok ini, memberi pencerahan ya :)

1 komentar:

Green World Global mengatakan... Reply Comment

Susah banget untuk berhenti merokok, butuh perjuangan yang keras banget :D

Poskan Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...