Thanks kamu yang ke

Senin, 03 Oktober 2011

Tips Beli Notebook : Jangan Sekedar Pengen

0

Lagi pengen ngomongin notebook. Kebetulan di Yogyakarta juga lagi ada pameran komputer, dari tanggal 1 Oktober 2011 sampai 5 Oktober 2011 di Jogja Expo Center. Kita semua pasti tahu lah yaw, kalo sekarang notebook bukan lagi sebuah impian yang sulit terwujud. Kalau dulu notebook masih merupakan barang mewah dan bagian dari gaya hidup, sekarang notebook sudah menjadi suatu kebutuhan. Jaman sekarang siapa sih yang nggak punya notebook. Mulai dari pekerja kantoran, wirausahawan, mahasiswa bahkan para pelajar sudah tak asing dengan yang namanya notebook. Dan berbagai jenis notebook pun semakin bervariasi membanjiri pasaran.

Nah disini saya mau kasih sekedar pegangan buat teman-teman yang kebetulan lagi mau beli notebook.

Tujuan dan Kebutuhan
Kalau mau beli notebook, mau dipakai buat apa itu notebook. Apakah buat kerja kantoran, sekedar ngerjain tugas, browsing plus e-mail-an, atau mungkin main game?

Kalau pengen beli notebook-nya buat main game, maka kamu perlu notebook dengan kemampuan kartu grafis yang memadai. Kamu bisa minta penjaga tokonya buat nyariin notebook dengan memori kartu grafis tinggi berikut dengan segala kemampuannya.

Dan jangan beli notebook yang kartu grafis-nya on board, meskipun dari segi spesifikasi cukup menggiurkan. Soalnya, kemampuan kartu grafis on board jauh di bawah kartu grafis yang add on. Semakin 'wah' kartu grafis yang terpasang, semakin mahal notebook tersebut.


Perangkat Lunak
Kalau notebook yang teman-teman beli bukan untuk main game, teman-teman nggak usah terlalu memikirkan kartu grafis. Beberapa kerjaan seperti mengetik, internet dan video editing tidak membutuhkan spesifikasi kartu grafis yang tinggi. Dan harganya pun otomatis relatif lebih murah.

Nah kalau udah nentuin mau dipakai buat apa notebook-nya, sekarang teman-teman harus memikirkan program apa saja yang akan dijalankan pada notebook tersebut.  Hal ini penting untuk menentukan kemampuann prosesor dan RAM dari notebook yang akan kamu miliki. Ada baiknya membaca spesifikasi minimal notebook yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang akan kamu gunakan.


Perangkat Keras
Ini adalah langkah terpenting dari keinginanmu membeli notebook. Kalau bisa, kamu memutuskan seberapa cepat sistem notebook yang kamu inginkan. Hal ini sangat penting, soalnya kalau kamu salah nentuin pilihan, maka nggak akan bisa ganti jeroan notebook yang sudah dibeli. Perlu dicamkan, semakin mahal kamu membayar, semakin wah spesifikasi notebook yang kamu dapatkan.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...