Thanks kamu yang ke

Senin, 26 September 2011

Menyulap dan Mencetak Halaman Menjadi File PDF

0

Nyari-nyari tugas, tertarik pada satu artikel di sebuah halaman website kemudian ingin mencetaknya atau menyimpannya menjadi file PDF? Iya nih, mahasiswa banget hehe. Biasanya selama ini kita menggunakan metode save page as, atau fitur penyimpanan halaman yang ada di masing-masing browser. Namun ada pula yang menyalinnya baru kemudian menyimpannya di sebuah markah dokumen lantas dicetak [copy paste].

Namun ternyata ada cara lain yang jauh lebih mudah untuk mencetak dokumen, tanpa harus menggunakan cara di atas, yaitu dengan menggunakan aplikasi berbasis web yang bernama Print Friendly. Aplikasi yang beralamat di printfriendly.com ini memungkinkan penggunanya bisa menyulap sebuah halaman website menjadi file PDF dokumen.

Sebelum bisa mencetak halaman, pengguna harus memasukkan alamat dokumen yang hendak dicetak. Kemudian aplikasi secara otomatis akan menampilkan teks dalam sebuah halaman pratinjau. Menariknya, pengguna bisa menyeleksi mana saja yang akan dicetak; apakah ingin mencantumkan gambar pada website atau tidak, apakah ingin menghilangkan iklan pada website. Pengguna juga bisa memilih font dari teks yang ingin dicetak. Setelah penyeleksian selesai, pengguna bisa langsung mencetaknya dengan mengklik ikon print atau bisa juga menyimpannya terlebih dahulu dalam format PDF dengan mengklik ikon pdf.

Berikut ini adalah contoh screenshot-nya.



Untuk pengguna yang tak ingin repot mengunjungi halaman printfriendly.com, disediakan plug-in yang bisa dipasang di aplikasi browser atau sekedar memasangnya di halaman website. Dengan demikian, dapat mempermudah saat kita ingin menggunakannya. Hehe.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...