Thanks kamu yang ke

Selasa, 16 Agustus 2011

Cintaku Luntur, Indonesia Oh Indonesia

0

17 agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita...

Tentunya kita masih ingat dan hafal akan lagu itu. Seperti yang kita tahu, 17 agustus adalah hari proklamasi kemerdekaan Indonesia. Setiap tahun pada tanggal ini, rakyat Indonesia merayakan hari proklamasi kemerdekaan ini dengan meriah, sebagai wujud mengenang jasa pahlawan. Mulai dari lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, dll. Ngomong-ngomong apa hubungannya panjat pinang dengan pahlawan ya hhe.
Namun dapat kita rasakan bersama [kita? elo aja kali haha], bahwa semakin harinya rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia ini semakin luntur saja. Pasalnya, sangat sulit menanamkan rasa nasionalisme di tengah negara yang carut-marut seperti ini. Rasa bangga terhadap negara sendiri begitu jauh, terutama di kalangan generasi muda. Rangkaian acara 17 agustus pun sepertinya terkesan hanya sekedar sebagai formalitas dan rutinitas, tanpa penghayatan terhadap makna tanggal 17 itu sendiri.
Generasi muda merasa bingung, apa yang disampaikan di sekolah tentang bangsa ini berbeda 180 derajat dengan kondisi nyata saat ini. Mereka - generasi muda - lebih melihat ke kondisi real yang terjadi di negara ini. Dalam suatu survey terhadap generasi muda, saat mereka ditanya “Apa kata pertama yang muncul saat ditanya tentang Indonesia?”, dua jawaban teratas adalah “korupsi” dan “kekerasan”. Sungguh miris. Pendidikan Kewarganegaraan pun menurut generasi muda hanyalah suatu buku - kitab negara - yang begitu indah. Rasa nasionalisme, toleransi yang tinggi, anti korupsi, hanyalah sebatas dongeng belaka.
Lalu bagaimana agar tidak sulit menanamkan rasa nasionalisme ini? Jawabannya adalah percaya terhadap kebijakan pemerintah. Namun, selama kepentingan dan suara masyarakat tidak di dengar, dapat dipastikan nasionalisme semakin menjauh.
Hmm, barusan saya nulis apa ya? Jadi bingung sendiri saya. Bagaimana menurut teman-teman? Apakah arti Indonesia bagi teman-teman? Apakah hanyalah sekedar suatu tempat di mana kita kebetulan lahir di sana?

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...