Thanks kamu yang ke

Kamis, 25 Agustus 2011

Agar Bangun Tidur Tidak Tidur Lagi

2

Apakah teman-teman merasa seperti yang dilagukan mendiang Mbah Surip? Bangun tidur, tidur lagi? Terbiasa mematikan alarm, lalu kembali  sembunyi di balik selimut?
Memang, membangun semangat di pagi hari tidaklah mudah. Rasa malas bercampur kantuk yang belum habis membuat tubuh sulit bangkit dari tempat tidur.


Berikut resep ampuh bocoran dari The Daily Mind agar bangun tidur tidak tidur lagi dan pagi kita penuh semangat.

Minum Segelas Air
Meminum segelas air putih saat perut masih dalam kondisi kosong, berkhasiat menyegarkan tubuh agar rasa kantuk lenyap seketika.
Air dapat memicu metabolisme tubuh sehingga kita akan terbangun lebih cepat, tanpa diserang rasa kantuk yang bertubi-tubi.

Senam Pagi
Singkirkan selimut dan bantal, jauhkan diri dari tempat tidur dan gerakkan tubuh seaktif mungkin. Jogging ringan selama 30 menit dapat menambah energi sebagai persiapan menjadi aktivitas sehari-hari.
Dan tahukah teman, energi yang diproduksi saat olahraga pagi tak hanya disimpan untuk cadangan energi selama sehari, tapi juga sampai keesokan harinya!

Kurangi Konsumsi Kafein
Sekali minum kopi, tubuh akan terbiasa dengan keberadaan kafein yang terkandung di dalam. Dengan membiasakan diri akan kafein yang mengendap dalam tubuh, kemampuan menangkal efek negatif kafein pun semakin berkurang. Semakin sering teman-teman minum kopi, semakin kecil semangat teman-teman untuk bangun pagi.
Waktu yang tepat untuk minum kopi hanyalah saat teman-teman benar-benar harus begadang dan tidur lebih larut.

Nikmati Udara Pagi
Hal pertama yang harus dilakukan setelah bangun tidur adalah hirup napas dalam-dalam, cerna sejuknya udara pagi dan segera bangun. Jangan tidur lagi!

Cari Penyemangat
Memang berat rasanya harus meninggalkan tempat tidur dan memulai rutinitas sehari-hari. Tapi come on, nikmati hidup ini. Syukuri apa yang teman-teman jalani sekarang dan jadikan setiap hari sebagai babak baru untuk menghadapi tantangan baru.
Jika teman-teman memiliki penyemangat yang dapat memotivasi untuk menjalani hari-hari dengan ceria, teman-teman pasti enggan berlama-lama di tempat tidur.

Langsung Bangun, Jangan Tidur Lagi!
Hal paling penting yang harus dilakukan untuk menghindari rasa kantuk, ya, jangan tidur lagi!
Tegakkan badan teman-teman segera setelah teman-teman membuka mata. Jangan tunggu 5 menit, 10 menit, atau 30 menit untuk bangkit dari tempat tidur.
Kencangnya suara alarm memang dapat memecah rasa kantuk, tapi jika teman-teman mematikannya lalu kembali “ngulet-ngulet” di balik selimut, kapan bangunnya?

Bersyukur
Mau bangun lebih siang atau tidak bangun sama sekali?
Bersyukurlah teman, masih diberi kesempatan untuk menikmati satu hari lagi di dunia ini. Jika besok pagi teman-teman masih dibangunkan dari tidur nyenyak, bersyukurlah, karena diberi kesempatan untuk hidup satu hari lagi.


Sedikit tambahan dari pengalaman saya, agar bangun tidur tidak tidur lagi.

Jauhkan Alarm dari Posisi Tidur
Jangan merasa bisa terbangun setelah sebelumnya di malam hari teman-teman memasang alarm. Ingat, posisi alarm menentukan bangun tidaknya teman-teman di esok hari. Apa fungsinya alarm yang teman-teman pasang jikalau esok hari saat alarm tersebut membangunkan kita, kita matikan dan kembali tidur begitu saja?
Dengan meletakkan alarm di tempat yang tak terjangkau oleh kita saat berbaring – di atas lemari misalnya – sangat membantu kita untuk tidak tidur lagi. Pasalnya, teman-teman mau tak mau harus bangkit berjalan untuk mematikannya.

Minum Air Putih Sebelum Tidur
Dengan meminum air putih sebelum tidur, saat kita tidur pencernaan kita bekerja. Dan di pagi hari, dipastikan teman-teman mendapat ‘sinyal’ agar segera bangun dan ‘membuang’ apa yang telah teman-teman minum semalam. Tapi saya ingatkan sekali lagi, jangan balik tidur yah abis pipis, ahihi.

Semoga membantu :)

2 komentar:

Legy Masyhury mengatakan... Reply Comment

Tulisannya bagus, tapi tidak cukup membantu buat saya!
salam!

kotak komentarnya gk ada input url yaw?
http://masyhury.web.id

Happy mengatakan... Reply Comment

@Legy Masyhury:
Hehehe makasih, memang cara bangun tidur pada tiap orang beda-deda kali ya :D

:)

Posting Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...