Thanks kamu yang ke

Jumat, 01 April 2011

10 Penghambat Kreativitas yang Wajib Diwaspadai

2



Ingin kreatif? Wajib menghilangkan pikiran-pikiran seperti ini:

Jawaban yang Benar
Mitos : Nggak usah macam-macam deh, ikuti saja kata sekolah
Fakta : Sepanjang hidup, kita pasti hampir-selalu diajari mencari jawaban yang benar. Kita jarang banget latihan mencari berbagai kemungkinan jawaban. Kita dipaksa untuk mengikuti apa-apa yang sudah diajarkan bertahun-tahun, dan jarang dilatih untuk mengeluarkan pendapat sendiri atau berusaha mencari jawaban lain.

Itu Nggak Logis, Tauk!
Mitos : Tanda orang jenius itu segala sesuatunya harus benar-benar berlandaskan logika.
Fakta : Menerapkan logika terlalu awal di proses kreativitas, bahaya banget! Soalnya kalau kita melibatkan logika di tahap awal proses berpikir, hal ini bisa menutup berbagai jalan pikiran. Padahal, jalan pikiran bisa saja menghasilkan beragam gagasan pendobrak, kalau ditelusuri lebih dulu. Kalau lagi mencari ide untuk suatu hal, coba deh biarkan pikiran teman-teman mengembara leluasa biar dapat kesempatan untuk berkembang.


Ikut Aturan Saja, Deh!
Mitos : Kalau mau aman, ikut aturan saja, deh!
Fakta : Aturan memang penting, tapi kadang perlu disisihkan dulu biar ada ruang untuk munculnya pikiran yang bebas tanpa aturan yang mengikat. Seperti kata Picasso sang seniman "Setiap tindakan penciptaan pada awalnya adalah tindakan perasaan". So, jangan takut dan ragu buat berkreasi. Free your self!

Yang Praktis-Praktis Saja, Lagi!
Mitos : Nggak usah muluk deh
Fakta : Bersikap praktis = mengkritik. Mengkritik terlalu dini akan mematikan gagasan. Kadang gagasan paling bodoh pun bisa jadi karya besar, asal nggak dipadamkan terlalu dini.

Wow, Itu Sih Bukan Bidang Saya
Mitos : Sesuatu yang kita anggap bukan bidang kita hanya akan membawa kegagalan
Fakta : Banyak banget penemuan besar di luar sana terjadi saat seseorang sedang berkeliaran di bidang baru. So, jangan terburu-buru membatasi diri dengan suatu bidang sebelum mencoba dan mencoba.

Don't Be Stupid!
Mitos : Melakukan hal-hal yang kelihatan bodoh adalah hal paling hina
Fakta : Banyak orang sukses bilang Bersikaplah bodoh. Memang terdengar konyol. But, kebodohan nggak berlangsung selamanya - pada akhirnya akan kembali ke logika.

Bermain-main hanya Kerjaan Anak Ceroboh
Mitos : Menciptakan sesuatu atau membuat suatu kreasi itu adalah pekerjaan main-main dan buang-buang waktu
Fakta : Bermain-main mdengan suatu hal atau gagasan merupakan dasar proses kreativitas.

Hindari Kesalahan
Mitos : Berbuat salah cuma membuat kita jadi bahan tertawaan dan pastinya kelihatan tolol dan dicap bego
Fakta : Kalau takut salah, nggak bakal deh dapat kesempatan. Seorang yang dikatakan sukses itu yang berhasil mengatasi kegagalan yang pernah dilalui. Kalau mau berhasil, harus berani gagal!

Sok Ahli
Mitos : Udah paham kok! Pokoknya udah ngerti, deh!
Fakta : Halangan utama kreativitas itu sok ahli alias merasa paling tahu. Kalau kita menganggap tahu segala sesuatu yang berkenaan dengan suatu masalah/persoalan, kita sudah menutup kemungkinan hadirnya gagasan atau ide-ide segar dalam diri kita. PENGHAMBAT UTAMA menuju kemajuan BUKALNLAH KETIDAKTAHUAN, tetapi sikap MERASA SUDAH TAHU.

Aku Sama Sekali Nggak Kreatif
Mitos : Duh, aku bukan orang kreatif. Kreatifitas nggak ada dalam darahku
Fakta : Kita terlahir kreatif. Kreativitas tetap ada di dalam diri kita... menunggu saat yang tepat untuk lompat keluar. BOOO...!

PENGHAMBAT KREATIFITAS SPESIAL...!
Kalau kita mengalami ini, sakit banget, deh. The name : Penolakan! Kita harus kuat dan belajar menerima penolakan sebagai umpan balik untuk maju. Kayak itu tuh... mobil-mobilan. Bakal bisa melesat kencang kalau diundurin dulu. Anggap saja sakit saat penolakan kayak mobil-mobilan yang diundurin lagi, sedetik kemudian melesat kencang. Wuuush!

nomoresorrow

2 komentar:

thelifeofdecci mengatakan... Reply Comment

halo!! desain blognya cantikk!! :))

Happy mengatakan... Reply Comment

Wahaha :D

Posting Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...