Thanks kamu yang ke

Senin, 10 Desember 2012

Ulang Tahun Ada Lovelace ke 197 Diperingati Google : Biografi Ada Lovelace

5


Hari ini, ada yang berbeda dengan tampilan Google. Google sedang merayakan ulang tahun - atau mengenang 197 tahun kelahiran Ada Lovelace. Siapakah Ada Lovelace? Dia adalah seorang perempuan yang dikenal sebagai programer komputer pertama di dunia, yang menulis program pertamanya pada pertengahan abad ke-19.

Ada Lovelace muncul di Google
Ada Lovelace


Berikut ini adalah sedikit kutipan mengenai biografi Ada Lovelace :


Ada Lovelace atau Augusta Ada Byron, yang bergelar Countess of Lovelace, dilahirkan di London, Inggris tanggal 10 Desember 1815. Ia adalah putri dari seorang bangsawan sekaligus penyair romantis - Lord Byron, dengan Annabella Milbanke. Belum genap lima minggu setelah kelahiran Ada Lovelace, ibunya meminta cerai dari sang ayah. Lord Byron pun meninggalkan Inggris beberapa bulan kemudian karena depresi dan tercekik hutang. Dan setelah kejadian itu, Ada Lovelace tak pernah bertemu lagi dengan ayahnya, sampai sang ayah meninggal tahun 1824 di Yunani akibat malaria.

Ada Lovelace pun dibesarkan oleh ibunya, yang menginginkan agar Ada tidak menjadi penyair mengikuti jejak ayahnya. Karena itulah, Ada Lovelace dicekoki pelajaran matematika, astronomi, bahasa Latin dan musik secara ketat, intensif dan penuh disiplin, untuk mengimbangi “kecenderungan puitisme” warisan sang Ayah. Ada Lovelace memang menunjukkan kecerdasan dan kemampuan analisa yang luar biasa, tapi dia beberapa kali terserang penyakit aneh yang sepertinya disebabkan oleh gangguan psikis.

Lady Byron dan putrinya masuk ke pergaulan kelas atas masyarakat London. Dan pada usia 17 tahun, AdaMary Somerville, seorang ahli matematika yang menerjemahkan karya LaPlace ke dalam bahasa Inggris memperkenalkan AdaCharles Babbage, yang saat itu sedang berusaha mengembangkan mesin hitung mekanis yang diberi nama “Difference Engine”. Ada Lovelace lalu melakukan korespondensi secara teratur dengan Babbage.

Tahun 1835 Ada Lovelace menikah dengan William King, yang kemudian menjadi Earl of Lovelace. Mereka memiliki tiga orang anak. Sementara sibuk dengan kehidupan rumah tangganya yang banyak dikendalikan oleh ibu dari Ada Lovelace, Charles Babbage memiliki ide untuk sebuah mesin hitung baru bernama “Analytical Engine”. Ide Babbage tidak didukung oleh parlemen Inggris dan banyak ilmuwan lain, tapi Ada Lovelace sangat terkesan dengan ide tersebut.

Tahun 1841, seorang Italia bernama Louis Menabrea membuat tulisan dalam bahasa Perancis tentang “Analytical Engine”, setelah Babbage mempresentasikannya di Turin, Italia. Tahun 1842 Ada pun menerjemahkan tulisan Menabrea itu ke dalam bahasa Inggris. Babbage lalu mengusulkan agar Ada mengembangkan tulisan itu dengan menambahkan catatan-catatannya sendiri. Dalam waktu beberapa bulan tulisan itu berkembang menjadi tiga kali lebih panjang. Dalam tulisannya, Ada Lovelace menyatakan bahwa alat temuan Babbage kelak akan berkembang menjadi komputer serbaguna, bahkan untuk membuat gambar dan musik. Ia sepenuhnya benar, mesin hitung Babbage adalah cikal bakal komputer modern yang kita kenal saat ini.

Ada Lovelace juga menambahkan satu set instruksi penggunaan mesin itu untuk menghitung “bilangan Bernoulli”, yang kemudian diakui dunia sebagai program komputer pertama di dunia, dan Ada Lovelace disebut sebagai programmerAda Lovelace pertama di dunia. Untuk mengenangnya, salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1979 diberi nama “ADA”. Charles Babbage sendiri menggelari Ada Lovelace sebagai “Enchantress of Numbers” atau Pesulap Angka. Catatan Ada sudah menggunakan iterasi (looping) dan alur kontrol if-then. Bagaimanapun, catatan itu kurang dilirik dunia sebelum tahun 1953. Namun, dengan temuannya tersebut, Ada Lovelace telah mampu menjelaskan hal yang kompleks dengan lebih baik, mirip seperti sebuah bahasa pengkodean / coding.


Tetapi yang menjadi pertanyaan, mengapa nama Ada Lovelace tidak sepopuler Charles Babbage sebagai inventor komputer awal? Mungkin karena  usianya cukup pendek, sehingga tak bisa menuntaskan sejumlah temuan dan penelitiannya. Atau mungkin karena isu gender. Seperti yang kita semua ketahui, dunia teknologi identik dengan jenis kelamin laki-laki, sehingga ketika ada kaum perempuan yang berpengaruh, namanya pasti akan tenggelam, kalah dengan dominasi kaum laki-laki. Tapi di luar itu semua, sejarah membuktikan bahwa kaum perempuan punya peran tak kalah penting di bidang teknologi informasi. Itulah mengapa pada hari ini, Google mengganti logo halaman utamanya dengan Ada Lovelace, sebagai penghargaan atas penemuannya itu.

5 komentar:

Green World Global mengatakan... Reply Comment

Bukan dia saja, dulu juga pas waktu saya ulang tahun halaman pertama google nya "happy birthday nama saya" tapi itu juga sayanya login dulu G+ :Dhehe

Mobile App Developers mengatakan... Reply Comment

Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

Asam Lambung mengatakan... Reply Comment

Berikut ini adalah penjelasan mengenai masalah perut yakni mengobati asam lambung

App Development Company London mengatakan... Reply Comment

Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

Ibu Nurhayti mengatakan... Reply Comment

aslamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































Posting Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...