Thanks kamu yang ke

Kamis, 04 Oktober 2012

Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi (GIS)

1


Mungkin ada beberapa dari kita yang pernah mendengar istilah Sistem Informasi Geografis (SIG), namun belum paham apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi Geografi. Di sini saya akan menuliskan sedikit tentang Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Geographic Information System (GIS).



Jika dilihat dari namanya, Sistem Informasi Geografi merupakan gabungan tiga unsur pokok, yaitu sistem, informasi, dan geografis. Jadi dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Geografi merupakan suatu sistem yang menekankan pada unsur informasi geografis, dimana informasi geografis tersebut mengandung pengertian informasi tentang berbagai tempat yang ada di permukaan bumi, pengetahuan tentang letak suatu objek di permukaan bumi, dan informasi tentang keterangan-keterangan (atribut) yang terdapat di permukaan bumi yang posisinya telah diketahui.

Tugas terpenting Sistem Informasi Geografi adalah untuk menghasilkan informasi yang sesuai dengan tujuan, dengan jalan tumpang susun dari beberapa peta. Misalnya saja, untuk memilih jalur jalan dapat dilakukan tumpang susun peta yang terdiri atas peta jenis tanah, peta topografi, peta laju infiltrasi, dan peta tata guna lahan. Tumpang susun beberapa peta tersebut merupakan GIS secara manual.

Namun, Sistem Informasi Geografi secara manual mempunyai beberapa keterbatasan. Diantaranya adalah:

1. Prosesnya sangat lambat, dan memerlukan banyak tenaga. Hal itu disebabkan karena dalam proses tumpang susun peta harus dilakukan penyamaan proyeksi dan skala peta. Selain itu, tumpang susun peta hanya dapat dilakukan atas tiga atau empat lapis, masih ditambah satu peta dasar untuk mencapai akurasi spasial dalam tumpang susun itu.

2. Sulit untuk melakukan penghitungan statistik, karena pengukuran luas harus dilakukan secara manual.

3. Tidak cocok untuk menciptakan kombinasi baru yang rumit dari lapis sebelumnya karena Sistem Informasi Geografi secara manual tidak dilengkapi dengan proses numerik untuk kombinasi lapis.

4. Untuk tempat penyimpanan data, memerlukan ruang lebih banyak.

Dalam upaya menangani informasi-informasi spasial atau yang bereferensi geografi, sekitar tahun 1970­an telah dikembangkan suatu Sistem Informasi Geografi otomatis, yang antara lain digunakan untuk menangani pengorganisasian data dan informasi, menempatkan informasi pada lokasi tertentu, melakukan komputerisasi, serta memberikan ilustrasi hubungan antara satu objek dan objek lainnya. Maka dari itu, Sistem Informasi Geografi merupakan suatu teknologi informasi yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan­-pekerjaan yang berhubungan dengan bidang-bidang spasial, khususnya untuk membuat suatu model data spasial. Itu karena Sistem Informasi Geografi mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam menggambarkan data-data spasial dan data-data atributnya.

Dengan menggunakan Sistem Informasi Geografi, maka modifikasi warna, bentuk, dan ukuran simbol yang diperlukan untuk menggambarkan suatu gejala di permukaan bumi dapat dilakukan secara mudah. Sistem Informasi Geografi dapat digunakan sebagai alat bantu yang sangat menarik dalam meningkatkan pengertian, pemahaman, pembelajaran, dan pendidikan mengenai ide-ide atau konsep-konsep lokasi, ruang, kependudukan, dan unsur-unsur geografis yang terdapat di permukaan bumi beserta data-data atribut yang menyertainya.

Untuk mengatasi keterbatasan Sistem Informasi Geografi manual, maka dikembangkan Sistem Informasi Geografi berbasis perangkat komputer. Kemampuan Sistem Informasi Geografi menggunakan perangkat komputer diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Penggabungan dua berkas data spasial atau lebih, baik daerah yang berbeda dengan atribut sama maupun daerah dan atribut yang sama sehingga dimungkinkan konversi proteksi, ukuran pixel, kode, dan simbol.

2. Pencuplikan sebagian berkas data spasial, baik dengan cara dibatasi segi empat maupun menutup bagian yang tidak dikehendaki atau batas tak teratur.

3. Mampu melakukan penyuntingan berkas data atribut, diantaranya meliputi berikut ini:

a. Pengolahan berkas basis data
b. Menayangkan informasi yang dihasilkan sesuai permintaan pengguna.
c. Memungkinkan analisis statistik.
d. Memungkinkan penggunaan basis data SIG.
e. Menyajikan hubungan antarbasis data.

4. Tidak memerlukan banyak ruang untuk penyimpanan data dan pengambilan kembali data dapat dilakukan secara cepat dan akurat. Ribuan peta topografi dapat disimpan secara digital pada satu komputer.

5. Mampu mengolah sejumlah besar data secara cepat.

Seiring dengan perkembangan komputer, perkembangan Sistem Informasi Geografi juga mengalami peningkatan yang sangat pesat. Peningkatan itu terutama terdorong oleh perkembangan pengindraan jauh, komputer, dan Global Positioning System atau yang lebih sering kita sebut GPS. Perkembangan Sistem Informasi Geografi sangat menarik bagi berbagai pihak untuk keperluan yang sangat beragam. Oleh karena itu, penggunaan Sistem Informasi Geografi pun mengalami peningkatan yang sangat pesat sejak tahun 1980-an. Peningkatan penggunaan SIG terjadi terutama di negara-negara maju, baik di kalangan militer, pemerintahan, akademis, maupun untuk kepentingan bisnis.

Kita ketahui bahwa salah satu fungsi peta adalah untuk menyimpan data geografis. Pada mulanya data-data geografis tersebut disajikan dengan menggunakan simbol-simbol tertentu. Oleh karena itu, peta dapat dianggap sebagai media yang efektif untuk menyimpan dan menginformasikan data geografis.

Namun, seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi, data-data informasi geografis dapat disimi dan disampaikan dengan menggunakan perangkat komputer. Data-data dalam komputer itu dikenal dengan istilah data digital.

Berikut tadi adalah sedikit tentang Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi. Di lain kesempatan, saya akan menuliskan sedikit tentang pengertian Sistem Informasi Geografi, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan itu.

1 komentar:

desy mengatakan... Reply Comment

terimakasih info nya semoga bermanfaat untuk semua orang.

kunjungi blog saya

http://desymelindasari95.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

Dan kunjungi juga website kamus saya
http://www.atmaluhur.ac.id

Posting Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...