Thanks kamu yang ke

Jumat, 17 Juni 2011

Membaca Satu Buku Sehatkan Tubuh

0


Siapa yang suka baca buku? Pasti banyak. Siapa yang nggak suka baca buku?? Pasti lebih banyak, hhoho. Tapi tapii tau nggak sih kalo sebenernya membaca buku itu bisa menyehatkan? (Yang benar? Yang ada juga bikin sakit mata.) Wahaduh jangan underestimate dulu dong.
Faktanya nih, hanya dengan membaca satu buku atau sebuah koran per hari bisa bikin tubuh sehat sampai tua. Bagaimana bisa?? Sebab membaca bisa menjaga kemampuan kognitif dan saraf agar tak menurun.
Seorang fisioterapi dari Germany's Society for Gerontology and Geriatrics, Manfred Gogol mengatakan bahwa membaca merangsang pertumbuhan sinaps, yaitu penghubung antar saraf. Membaca juga membuat daya imajinasi dan kreativitas seseorang tetap terjaga.
"Hal ini jelas merupakan aset yang sangat berharga di saat tua. Apalagi kaum lanjut usia memiliki berbagai masalah yang menyebabkan diri mereka sangat tergantung pada orang lain," ucap Gogol seperti dikutip dari situs indiavision.

Membaca juga bisa meningkatkan konsentrasi lho. Konsentrasi bisa mencegah kaum lanjut usia dari kepikunan. Hal tersebut penting mengingat kaum lanjut usia identik dengan kepikunan.
Gogol menyarankan agar seseorang mulai membaca tiap hari. Jika sebuah novel dirasa terlalu berat, pilih saja bacaan ringan seperti kumpulan cerpen atau bahkan sebuah koran. 
Tuh kaan. Jadi, selain sebuah hobi yang mengasyikkan, ternyata membaca juga menyehatkan. Ayo ayoo bagi yang suka membaca atau nggak suka, bagi yang masih muda maupun sudah lanjut usia, mari budayakan membacaa, hhehe :D

Resensi : Tribunnews.com

nomoresorrow

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan komentarnya ^_^

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates | Best Web Hosting
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...